
Apakah Anda lahir di tahun 1980-2000? Jika iya, Anda termasuk pada generasi Y-Z atau yang biasa disebut generasi millennial. Millennial pada umumnya 2,5 kali lebih terpapar teknologi dibanding generasi-generasi sebelumnya.
Mereka memeiliki 7 kriteria, yaitu:
- Perlakukan mereka seperti partner, bukan sekedar pembeli.
- Berikan mereka produk yang cocok untuk mereka.
- Bagi mereka, konektifitas merupakan hal yang penting
- Mereka mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi.
- Mereka ingin membuat sesuatu yang berbeda.
- Hidup mereka bagaikan petualangan
- Mereka sangat reaktif terhadap isu.
50% millennials sangat suka melakukan pembelian jika pembelian yang mereka lakukan mendukung suatu gerakan. Seperti contohnya CSR. Salah satu produk pasta gigi mengadakan kampanye setiap pembelian 1 produk akan disumbangkan untuk makan sahur anak yatim.
Sedangkan 40% dari mereka lebih suka berpartisipasi langsung dengan brand. Seperti contoh salah satu brand makanan ringan di Indonesia membuat kampanye yang mengajak anak-anak muda untuk mengkreasikan rasa untuk varian rasa baru produk mereka.
Dengan kampanye-kampanye seperti ini millennials lebih merasa terengage dengan brand. “Pada intinya, jika sebuah brand ingin meng-engage millennials, mereka tidak boleh bersifat tertutup pada millennials. Mereka harus membuka saluran komunikasi agar tumbuh tingkat kepercayaan millennials terhadap brand.” Tutur Annisa Kinanti, Senior Manager Digital Voucher.