Apakah penting membangun CRM untuk Industri Rumah Sakit dan Klinik?

By 25 July 2019Bisnis

Jika rumah sakit Anda sudah memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang operasional, lalu apa yang Anda lakukan untuk menunjang kepuasan pelanggan Anda? Saat ini kebanyakan rumah sakit masih mengabaikan kunci penting untuk sukses yaitu pengalaman pelanggan dan kepuasan pelanggan. 

Sebetulnya ada satu cara untuk meningkatkan loyalitas dan kepuasan pelanggan serta mengurangi biaya perawatan. Solusi ini adalah Sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

 

Sebelum kita membahas jauh mengenai CRM untuk pelayanan Kesehatan, mari kita mengenal apa itu CRM? CRM (Customer Relationship Management) merupakan program marketing yang berguna untuk membantu meningkatkan penjualan, meningkatkan jumlah calon pelanggan dan membuat mereka menjadi loyal untuk produk tersebut dengan harapan mereka dapat menjadi brand ambassador produk tersebut.

 

Siapa sajakah yang akan mendapatkan manfaat dari CRM kesehatan?

 

Berikut adalah jenis-jenis Industri Kesehatan yang dapat memanfaatkan Sistem CRM:

 

  • Rumah sakit
  • Klinik kesehatan
  • Pusat Kesehatan Masyarakat
  • Unit Gawat Darurat
  • Pusat medis rawat jalan
  • Perusahaan penyedia alat kesehatan

 

Perusahaan manapun yang bergerak di bidang pelayanan kesehatan dapat menggunakan Sistem CRM untuk mengelola informasi pasien dengan lebih efisien. Tetapi sebelum menggunakan Sistem CRM Kesehatan, perlu diketahui bahwa Sistem CRM Kesehatan memiliki beberapa bagian utama: 

 

Bagian Utama CRM untuk Rumah Sakit dan Kesehatan:

 

 

  • Bagian komunikasi. Bagian ini berfungsi untuk membuat jadwal, membangun hubungan dengan pasien. Bagian ini juga berfungsi untuk memastikan janji dengan pasien.
  • Bagian manajemen tugas. Bagian ini ditujukan kepada staf untuk menambahkan tugas, menugaskan mereka melayani para pasien, memeriksa dan memperbaharui tugas mereka, dan menampilkan hasil kerja, tenggat waktu, prioritas, dan penyelesaian mereka.
  • Bagian Laporan. Bagian ini memudahkan Anda untuk membuat dan menyesuaikan berbagai laporan, seperti laporan hasil kampanye/promosi atau laporan tentang jumlah rata-rata pasien yang tidak muncul. 

 

 

Serta terdapat beberapa fungsi spesifik mencakup:

 

 

  • Bagian manajemen pasien. Bagian ini memungkinkan staf untuk menambah atau memperbaharui catatan pasien, mengelompokan pasien berdasarkan kondisi, dan berkomunikasi secara efektif kepada pasien.

 

 

Apa saja manfaat yang diberikan CRM untuk Rumah Sakit?

 

Walaupun terlihat kompleks dan memerlukan sedikit usaha dalam pengaplikasian CRM di dalam manajemen Rumah Sakit, hal ini berbanding terbalik dengan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh. 

 

 

  • Sistem CRM dapat meningkatkan pengalaman pasien Rumah Sakit

 

Berurusan dengan ratusan bahkan ribuan pasien di Rumah Sakit tentu saja membuat kita mudah lupa akan janji pertemuan atau panggilan, nama dan kondisi pasien yang berbeda-beda. Semua hal ini akan mudah dikelola dengan sistem CRM.

 

 

  • Manfaat CRM menghilangkan kesalahan administrasi

 

Bahkan sesungguhnya manfaat CRM lebih dari itu, CRM akan menyimpan semua catatan medis si pasien. Mulai dari nama, kondisi kesehatan pasien, diagnosa, dll. Ini mengatasi masalah besar dari rekam medis yang hilang.

 

 

  • Melacak pasien rujukan untuk melanjutkan perawatan yang terputus

 

Salah satu manfaat CRM adalah membantu dokter untuk mengelola pasien rujukan secara efektif dan menyimpan semua informasi yang relevan di satu tempat agar dapat diakses dengan mudah dan cepat.

 

 

  • Komunikasi Outbound dan Inbound 

 

Komunikasi outbound adalah komunikasi keluar. Komunikasi yang dibangun antara klinik atau Rumah Sakit dengan pasien anda yang dilakukan untuk membangun citra dan reputasi. Sedangkan komunikasi inbound adalah komunikasi yang berlangsung dalam manajemen Rumah Sakit.

 

Source: https://www.barantum.com/blog/manfaat-sistem-crm-untuk-rumah-sakit/

 

Rizky Nurhazmi

Author Rizky Nurhazmi

More posts by Rizky Nurhazmi

Leave a Reply