Begitu Pentingnya Costumer Loyalty Bagi Perusahaan Anda!

Apa yang akan Anda lakukan jika Anda membuka suatu bisnis dan Anda baru memiliki pelanggan? Ada tidak bisa puas hanya dengan pelanggan yang Anda baru miliki atau baru bergabung dengan bisnis Anda. Jika Anda tidak memelihara hubungan anda dengan para konsumen anda, kemungkinan mereka tidak akan melanjutkan hubungan transaksi dengan anda.

Pelanggan merupakan elemen dasar dari setiap bisnis. Pelanggan merupakan faktor penentu bagi eksistensi suatu perusahaan. Dari pelangganlah sumber pendapatan perusahaan berasal. Semakin banyak pelanggan semakin banyak pula peluang pendapatan didapatkan. Semakin banyak frekuensi pembelian, semakin banyak pula peluang peningkatan pendapatan.

Loyalty program bertujuan untuk memberikan reward kepada pelanggan setia. Biasanya sebelum menentukan para pelanggan setia, anda dapat melakukan pengawasan dan identifikasi kegiatan pelanggan, karena biasanya para pelanggan mendaftarkan data pribadi mereka ke perusahaan seperti member card, application user, dll. 

Lalu, apa pentingnya Loyalty program untuk keberlangsungan bisnis anda? Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari Loyalty Program.

 

Kemungkinan Rekomendasi Produk Anda Oleh Para Konsumen

 

Kebanyakan orang akan membicarakan apa yang mereka sukai. Jika orang-orang yang sudah menyukai produk anda dan mereka mendapatkan keuntungan atau reward dari perusahaan anda, kemungkinan besar mereka akan loyal terhadap perusahaan anda. 

 

Pada dasarnya program loyalty ini bertujuan untuk para pelanggan terbaik yang memang sudah berbelanja di toko anda dan melakukan rebuying. Tujuannya untuk membangun keterkaitan antara merek. Semakin mereka merasa terikat dan terhubung dengan anda semakin besar kemungkinan mereka akan mempromosikannya kepada orang lain. Karena menurut penelitian lebih dari 90% metode word of mouth berbuah keberhasilan yang dikarenakan orang-orang cenderung lebih percaya oleh rekomendasi yang diberikan oleh orang terdekat mereka.

 

Meningkatkan Pengalaman Belanja Pelanggan

 

Selain kemungkinan terjadinya word of mouth, program loyalty diharapkan dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan untuk para pelanggan. Jika para pelanggan mempunyai pengalaman belanja yang menyenangkan, hal tersebut membuka kesempatan untuk nantinya akan melakukan transaksi kembali di masa yang akan datang.

 

Memperoleh Data Pelanggan

 

Data pelanggan adalah komponen penting bagi bisnis Anda. Dengan data pelanggan, Anda dapat melakukan riset tentang perilaku para konsumen Anda. Anda dapat mengetahui seberapa sering konsumen anda melakukan pembelian. 

 

Anda pula dapat melakukan segmentasi pelanggan Anda mulai dari jenis kelamin, pekerjaan, penghasilan yang dapat digunakan untuk memperluas target konsumen anda. Data-data ini pula yang nantinya akan membantu anda untuk menentukan strategi selanjutnya.

 

Meningkatkan Visibilitas di Platform Online

 

Program loyalitas juga merupakan strategi yang efektif untuk membangun reputasi online anda. Orang-orang akan mempercayai ulasan-ulasan yang diberikan pada platform online terhadap produk Anda. 

 

Ada dua cara untuk memperoleh ulasan online: hadiahi pelanggan karena meninggalkan ulasan atau minta pelanggan anda untuk meninggalkan ulasan setelah memperoleh hadiah.

 

Cara pertama, Anda bisa memberikan mereka hadiah (entah itu poin tambahan atau barang khusus) setelah mereka memberikan ulasan. Sedangkan cara yang kedua, Anda bisa meminta pelanggan yang telah menukarkan poin atau hadiah untuk memberikan ulasan tentang produk Anda, baik itu di platform khusus atau sosial media mereka. Pastikan mereka memberikan ulasan yang positif sehingga dapat menarik lebih banyak pelanggan.

 

Source: https://blog.hellobill.id/4-alasan-mengapa-program-loyalitas-pelanggan-penting/ 

Rizky Nurhazmi

Author Rizky Nurhazmi

More posts by Rizky Nurhazmi

Leave a Reply