Membuat Pelanggan Anda Tetap Berkomitmen Setelah Mencoba Sample Gratis

By 16 July 2019Marketing

Sample gratis mungkin dapat menjadi salah satu strategi meningkatkan pelanggan potensial dan pelanggan baru. Mengeluarkan sedikit banyak modal untuk mendapatkan hasil yang lebih dirasa banyak perusahaan cukup pantas dilakukan. Mudah untuk menarik perhatian para pelanggan dengan mengeluarkan produk gratis, tetapi akankah mereka berkomitmen akan melakukan pembelian setelah uji coba tersebut berakhir? Jawabannya, tidak semua. Bahkan di antara mereka merasa cukup dengan produk gratis tersebut dan tidak berniat untuk melakukan pembelian. Ini adalah hal yang wajar. 

 

Perusahaan yang menawarkan produk gratis harus memahami untuk siapa kegiatan tersebut dilaksanakan. Bahwa sesungguhnya uji coba gratis tersebut ditujukan untuk mereka yang belum pernah mencoba produk Anda sebelumnya dan bukan semuanya. Untuk meningkatkan penjualan Anda harus melihat sudut pandang dari sisi penjual dan pelanggan.

 

Dari sudut pandang pelanggan, mereka bisa menjadi member untuk mengikuti uji coba gratis dan bisa saja membatalkan member mereka sebelum masa uji coba berakhir. Tetapi jika dirasa memuaskan, mereka akan memperbaharui member mereka. Bahkan terkadang pelanggan ada yang mengatakan mereka cukup menyukai suatu produk tetapi mereka tidak akan membeli produk tersebut, mereka cukup puas dengan produk gratis yang mereka bawa pulang. 

 

Dari sudut pandang perusahaan membujuk pelanggan mempunyai tujuan agar konsumen mau membeli produk dan berlangganan atau kembali lagi untuk melakukan rebuying saat tidak ada promo. Solusinya ada pada tiga kunci ini:

 

  1. Kualitas
  2. Keinginan
  3. Nilai

 

Beberapa perihal lain seperti hubungan yang dibangun dengan pelanggan sangat menentukan keputusan pelanggan apakah akan melanjutkan pembelian atau tidak. Serta buat mereka merasa disambut dan diterima seolah-olah Anda selalu ada untuk mereka. Jika sesuatu terjadi pada produk dan anda segera memperbaikinya, hal tersebut akan menimbulkan rasa percaya terhadap perusahaan anda dan anda pun akan memperoleh peluang terbukanya pelanggan-pelanggan baru untuk bisnis anda. 

 

Source: https://www.barantum.com/blog/hubungan-pelanggan-membeli-setelah-coba-gratis/ 

Rizky Nurhazmi

Author Rizky Nurhazmi

More posts by Rizky Nurhazmi

Leave a Reply