Tips Agar Program Loyalty Diminati

By 19 March 2020Marketing

Program loyalty adalah strategi yang sangat umum digunakan pada zaman sekarang untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Banyak jenis program loyalty yang dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis beberapa diantaranya adalah point reward dan loyalty card program.

Di Amerika sendiri menurut Bond Brand Loyalty, pengguna internet di sana rata-rata memiliki lebih dari 13 loyalty program. Sayangnya, hanya 50% dari pemegang kartu membership tersebut yang tercatat sebagai anggota aktif.

Oleh karena itu marketers dituntut menjadi lebih kreatif dalam menghadirkan program program loyalty. Menurut Ashley Rodriguez, seperti seperti yang dikutip dari Adage ada empat cara agar program loyalty diminati.

A. Reward harus terkait dengan branding.
Marketers dapat memberikan kegiatan reward yang sesuai dengan brand positioning. Salah satu contoh perusahaan yang cukup pintar memanfaatkan hal ini adalah Walgreens. Walgreens menawarkan program loyalty berupa point tambahan untuk pelanggan yang menjalani hidup sehat, seperti melakukan olahraga, memeriksa tekanan darah, hingga menghindari kebiasaan merokok karena brand-positioningnya adalah “at the corner of happy and healthy.

B. Rewards tidak sekedar Deals atau Diskon.
Rewards tidak harus melulu berupa deals ataupun diskon, mengapa? Sebab retail pun sudah menawarkan diskon. Coba lah untuk membuat jenis campaign lainnya agar tidak kalah menarik dari campaign yang sudah ditawarkan oleh retailer.

C. Manfaatkan data yang anda miliki untuk kepentingan pelanggan.
Memang tujuan mengadakan program loyalty adalah untuk mengumpulkan data pelanggan. Tetapi tentu pelanggan yang sudah memberikan data mereka tentu mengharapkan sesuatu sebagai imbalannya. Sudah seharusnya data yang diperoleh dari program loyalty dimanfaatkan untuk kepentingan pelanggan. 

D. Memasukan program loyalty ke dalam model bisnis.
Perusahaan pembuat kopi Nespresso, memiliki basis pelanggan yang sifatnya built-in. Nespresso memelihara pelanggan melalui program yang disebut Nespresso Club, dimana pelanggan dapat mempersonalisasi order, pengiriman, daur ulang, dan layanan sesuai keinginan mereka.

 

Source: https://mix.co.id/marcomm/brand-insight/marketing-strategy/empat-cara-agar-loyalty-program-diminati-pelanggan/

 

Rizky Nurhazmi

Author Rizky Nurhazmi

More posts by Rizky Nurhazmi

Leave a Reply