Tren Bisnis Saat Ini

By 1 February 2018Bisnis

Teknologi digital sedang menjadi tren berat di Indonesia. Tren digital ini mempengaruhi masyarakat sebagai konsumen yang menerima teknologi digital. menurut data dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) serta We Are Social menyebutkan bahwa pengguna internet Indonesia berada di kisaran 52%, dan sebagian besar diantaranya mengakses internet secara mobile selama 4 jam per hari. Lebih jauh, saat ini terdapat 370 juta kartu SIM aktif di Indonesia, jauh lebih besar dari populasi Indonesia yang sudah hampir mencapai 270 juta penduduk.

Sebagaimana, dari penjelasan diatas tentunya ini telah menunjukkan perubahan perilaku konsumen dengan masuknya era digital ke Indonesia. Perangkat koneksi internet memudahkan dan memberikan efisien baik dari segi waktu dan biaya. Internet memudahkan tidak terkecuali pada sektor perekonomian, dimana semua transaksi mulai memakai jaringan online.

Tren tersebut di atas membawa perubahan besar pada pengeluaran budget pemasaran perusahaan. Riset mengungkapkan bahwa marketer setidaknya 31% dari total budget pada pendekatan digital. Sebagian besar (76%) merasakan peningkatan yang berarti dari strategi tersebut. Laporan juga mencatat rata-rata pengeluaran untuk digital marketing mencapai 1,9 juta per bulan.

Tujuan utama dari pemasaran modern adalah membawa calon konsumen potensial ke dalam pengalaman baru, yang akan membuat mereka nyaman dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Menarik saja tidak cukup, karena target yang lebih riil untuk dicapai berkaitan dengan traksi. Di sini diperlukan edukasi mendalam terkait dengan produk, sehingga para marketer setuju bahwa poin puncak untuk peluang pertumbuhan ada di strategi memberikan pengalaman pengguna, salah satunya dengan menghasilkan brand awareness dan interaksi dengan audience.

Join the discussion 2 Comments

Leave a Reply